HIT Magic Plus G6800 [Petunjuk Penggunaan II]

PENGATURAN HARI LIBUR (Holiday Setting)
Dalam ‘Holiday Information’ yang terdapat pada menu ‘Tool’, dapat dimasukkan
informasi hari libur nasional maupun hari libur lainnya yang diinginkan dalam satu
tahun tertentu.
Bila tidak terdapat pilihan tahun yang Anda inginkan, klik icon ‘Add New’ lalu ketik
tahun yang Anda inginkan dan klik icon ‘Save’ untuk menyimpan.

Untuk mengisi hari libur, Anda dapat memilih bulan yang diinginkan, lalu secara
otomatis kalendar akan berubah sesuai dengan bulan yang telah dipilih.Klik dan tarik (drag) icon ‘Add Holiday’ ( ) , kemudian letakan (drop) pada hari
yang Anda inginkan

Kemudian secara otomatis akan muncul window ‘Input Holiday Name’ untuk mengisi
nama hari libur tersebut. Klik tombol ‘OK’, maka akan kembali ke window
sebelumnya dan nama hari libur tersebut akan langsung masuk pada kolom ‘Holiday
Name’ pada ‘List Of Holiday’ dibawah dan klik icon ‘Save’ untuk meyimpan

Demikian pula bila Anda ingin menghapus hari libur yang telah dimasukan, Anda
hanya perlu menarik (drag) icon ‘Erase Holiday’( ) dan meletakan (drop) pada
tanggal yang dikehendaki.

PENGATURAN FUNGSI KEY (Function Key Setting)

Jika Anda ingin mengaktifkan ‘Function Key’, maka silahkan mendefinisikan untuk
masing-masing tombol/ function yang tersedia (3 function key). Untuk melihat menu
ini silahkan pilih ‘Tool’ dan pilih ‘Function Key Setting’.
Function key dapat digunakan untuk membedakan aktivitas karyawan diluar jam
datang (Coming Time) atau jam pulang (Time Home). Untuk ‘Time Come’ maupun
‘Time Home’ sudah diatur dengan sendirinya oleh software HIT MagicPlus sehingga
tidak diperlukan untuk menekan function key tertentu.
Silahkan juga melihat pejelasan Pengaturan Waktu untuk membedakan Waktu Pulang
Karyawan untuk Shift Ganti Hari pada bagian berikutnya.
Untuk dapat merubah ‘Function key’ silahkan klik ‘Modify’ dan diakhiri dengan
‘Save’ untuk menyimpan data function key yang terbaru.

PENGATURAN WAKTU SHIFT GANTI HARI (Early In
Spare Time)
HIT MagicPlus TA software telah dirancang untuk mengenali jam masuk dan jam
pulang secara otomatis tanpa perlu informasi system (tekan tombol/ function tertentu
pada alat) baik pada hari yang sama atau berlainan (keesokan hari).
Untuk pengaturan ‘Early In Spare Time Setting’, pilih ‘Tool’ dan pilih ‘Early In Spare
Time Setting’, sehingga pada layar monitor akan tampak seperti pada window
dibawah.
‘Early In Spare Time’ adalah untuk mendefinisikan berapa jam yang masih dapat
ditoleransi bagi seorang user untuk melakukan absen sebelum jam normal kerja.
‘Early In Spare Time’ juga berguna untuk membedakan antara jam datang (Coming
Time) sekarang dengan jam pulang (Time Home) hari kemarin untuk karyawan
tertentu apabila mereka melakukan lembur (overtime) melewati hari kerja normal.

Contoh :
Kita telah men-set Early In Spare Time adalah 3 jam 0 menit (default adalah 2 jam).
User A masuk pada shift regular jam 9:00 – 19:00. Apabila User A lembur sampai
jam 5:59 pagi hari berikutnya, maka waktu tersebut tercatat dalam report waktu
pulang user A, karena kita telah melakukan setting ‘Early In Spare Time’ sampai 180
menit ke waktu masuk shift (jam 9:00 pagi ) yang berarti jam 6:00 pagi. Jika user A
pulang tepat jam 6:00 pagi, maka jam tersebut dicatat sebagai waktu masuk hari
berikutnya (karena telah memasuki waktu Early In Spare Time), dan waktu pulang
(Time Home) user A tidak tercatat.

PENGATURAN PENARIKAN DATA (Retrieve Log
Setting)

Untuk pengaturan jadwal penarikan log data dari alat/ terminal HIT MagicPlus ke
Personal Computer (PC)/ System, silahkan Anda memilih menu ‘Tool’>>’Retrieve
Log Setting’. Serta terdapat pilihan untuk meng-aktifkan Auto Time Syncronize.
Dan active window seperti dibawah ini akan muncul.
Kemudian click icon ‘Modify’ untuk mengaktifkan 4 (empat) pilihan yang ada

Terdapat 4 (empat) pilihan/ metode dalam ‘Retrieve Log Setting’ seperti dibawah
ini. Apabila Anda ingin merubah setting semula ke pilihan setting yang lain maka
anda harus menutup terlebih dahulu ‘HIT MagicPlusTA Retrieve Log’ dengan tujuan
untuk me-refresh system.
1. Manual Setting
Click icon ‘Modify’ kemudian pilih ‘Manual Setting’ dan klik icon ‘Save’ untuk
menyimpan. Selanjutnya open atau dijalankan ‘HIT MagicPlus TA Retrieve Log’.
Pilih ‘Terminal’ pada ‘Terminal Info’. Kemudian klik tombol ‘Retrieve All Log’,
untuk menarik semua log data yang ada pada terminal yang dipilih atau klik tombol
‘Retrieve First Log’, hanya untuk menarik log data yang pertama saja pada terminal
yang telah dipilih.
Pilihan ‘Retrieve All Log’ atau ‘Retrieve First Log’ hanya dapat digunakan apabila
setting yang dipilih adalah ‘Manual Setting’.

2. Real Time Setting
Click icon ‘Modify’ kemudian pilih ‘Real Time Setting’ dan klik icon ‘Save’ untuk
meyimpan. Selanjutnya jalankan atau open ‘HIT MagicPlus TA Retrieve Log’.
Metode ‘Real Time Setting’ apabila Anda menginginkan system secara otomatis
(automatically) dan berkelanjutan (continuously) untuk menarik semua log data pada
setiap terminal yang terdapat pada terminal info.
Pada active windows Anda akan melihat keterangan ‘please wait check terminal 1 or
2 or others is processing’.

3. Automatic Setting
Click icon ‘Modify’ kemudian pilih ‘Automatic Setting’ dan klik icon ‘Save’ untuk
menyimpan. Selanjutnya open atau jalankan ‘HIT MagicPlus TA Retrieve Log’.
Metode ‘Automatic Setting’ apabila Anda menginginkan system untuk menarik log
data setiap waktu tertentu. Misalnya untuk setiap 1 jam atau setiap 30 menit. Untuk
default telah di set setiap 10 menit.

4. Schedule Setting
Click icon ‘Modify’ kemudian pilih ‘Schedule Setting’ dan klik icon ‘Save’ untuk
menyimpan. Selanjutnya open atau jalankan ‘HIT MagicPlus TA Retrieve Log’
Pilihan untuk menarik log data dari terminal dengan waktu tertentu (Schedule Time).
Misalnya setiap pagi setelah ‘Coming Time atau di sore hari setelah ‘Time Home’.Klik tombol ‘Add New’ dan isi semua informasi seperti Retrieve Name, Description
dan Time (format hour:minute) dan juga pilihan terhadap kondisi ‘Active’ atau
‘InActive’, untuk meng-setting Schedule Item sebagai Active atau InActive,
kemudian klik icon ‘Save’ untuk menyimpannya. Untuk merubah atau mengedit
scheduling yang sudah ada klik icon ‘Modify’.

AUTO TIME SYNCHRONIZE
Untuk pilihan system (activate) secara otomatis akan melakukan setting jam (time)
atau Auto Time Synchronize antara PC dengan terminal, maka mark √ pada kolom
‘Auto Time Syncronize’.
Proses ini akan dilakukan system secara otomatis hanya pada saat form Retreive Log
dibuka atau dijalankan untuk pertama kali.
Jadi pada saat form Retrieve Log dibuka maka system akan melakukan Auto Time
Synchronize pada setiap terminal/ device yang terhubung dengan PC.
Untuk dis-activate, maka lakukan uncheck pada kolom Auto Time Synchronize.
Note:
Harap pastikan bahwa jam yang terdapat pada PC adalah benar adanya.

Lebih lanjut pada menu utama HIT MagicPlus TA Admin terdapat tabulasi (tab) ‘Log
Transaction Information’. Yaitu untuk melihat semua log data setelah semua log data
tertarik dengan sempurna dari form ‘HIT MagicPlus TA Retrieve Log’, dengan mengklik
terlebih dahulu tombol ‘Refresh’, seperti pada gambar dibawah ini.

About Direktori Statistika Indonesia

This ia blog of Nori Wilantika and Hendra. We are trying to leave a path of our study at Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Biar ilmu-ilmu yang didapat sewaktu kuliah ga cuma jadi butiran debu.. :)
This entry was posted in Komputasi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s