HIT Magic Plus G6800 [Petunjuk Penggunaan I]

STATUS TIDAK HADIR (Absence Status Setting)
Pertama-tama maka tentukan atau definisikan terlebih dahulu status absen (ketidakhadiran)
Anda melalui menu ‘Tool’>>’Status Setting’.

Setelah itu Anda akan dihadapkan pada 13 pilihan mengenai status absensi yang dapat
dipilih maupun diganti (maksimum status setting adalah 13 status).

Masing-masing tombol status dapat diganti baik nama (caption) dan gambar status
dengan memilih/ meng-klik tombol yang diinginkan. Contohnya pilih tombol
‘Wedding’ dan rubah menjadi Valentine, maka pada layar monitor akan tampak
seperti window dibawah. Setelah itu pilih tombol ‘Update Status’.

Anda dapat menganti status lainnya dengan memasukan nama status yang diinginkan
di ‘Status Name’.
Kemudian klik tombol ‘Selected Icon’ (gambar Hati) maka Anda dapat mengganti
gambar status dengan gambar yang berupa icon lain, hal ini juga dapat Anda lakukan
untuk mengganti gambar pada tombol ‘Drag Icon’.

JAM KERJA (Shift Setting)
Menu ini adalah untuk mendefinisikan jam kerja atau ‘Shift’. Anda dapat memasukan
data jam kerja ini dengan memilih menu ‘Tool’>>’Shift Setting’. Maka pada layar
monitor akan ditampilkan window seperti gambar di bawah ini.
Anda dapat mengisi data jam kerja atau shift dengan klik icon ‘Add New’ dalam
window ini. Kemudian klik icon ‘Save’ untuk menyimpan data.

Kemudian Anda dapat mengubah data yang ditampilkan dan menyimpannya kembali.
Icon ‘Delete’ adalah untuk menghapus data shift yang dipilih (selected).
Harap diperhatikan bahwa data shift yang telah tersimpan, hanya akan dapat dihapus
jika tidak digunakan oleh Departement atau Karyawan lain.
Klik tombol disamping kanan kotak isian ‘Shift Code’ untuk melihat daftar jam kerja
atau shift yang telah dimasukkan ke dalam aplikasi, maka akan ditampilkan window
seperti gambar dibawah.

Untuk mengubah informasi shift, pilihlah baris yang diinginkan pada kolom manapun
kemudian klik icon ‘Choose’.

SHIFT GANTI HARI (Overnight Shift)

Untuk mengaktifkan ‘Shift Ganti Hari’ dengan klik ‘Tool’>>’Shift Setting’ dan
dilanjutkan dengan mengisi waktu yang diinginkan untuk shift ganti hari tersebut,
seperti contoh dibawah:

Jika waktu kerja Anda reguler adalah jam 8-17 dan untuk waktu tertentu Anda harus
melakukan shift ganti hari, Anda harus memasukan jadwal shift tersebut ke dalam
tanggal yang diinginkan pada menu ‘View’>>’Monthly Calendar’.
Hal ini juga dapat dilakukan jika perusahaan meminta karyawan untuk bekerja diluar
shift regular. Perubahan dapat dilakukan dengan menarik ‘Icon Kemeja’ ke kolom
tanggal yang diinginkan.

GROUP SHIFT SETTING
Setelah shift telah ditentukan maka anda diharuskan menentukan atau memilah
pegawai berdasarkan groupnya melalui menu ‘Tools’>>‘Group Shift Setting’. Dan
active window sebagai berikut.

Tentukan code pada ‘Group Shift Code’ dan tetapkan ‘Name’ serta click small box
masing-masing untuk menentukan shiftnya. Dan click save

DEPARTEMEN (Department Setting)
Dalam ‘Department Information’ dapat dimasukkan informasi semua Departemen
atau semua bagian serta groupnya dalam organisasi perusahaan. Anda dapat memilih
menu ‘Tool’>>’Department Information’.

Anda dapat mengisi informasi departemen atau bagian dalam window ini. Kemudian
klik icon ‘Save’ untuk menyimpan data. Jika data telah tersimpan maka icon ‘Delete’
akan timbul untuk melakukan perubahan atau penghapusan (Deletion).

Data departemen dapat dihapus jika semua karyawan di dalam departemen tersebut
telah dihapus. Untuk melihat daftar departemen, klik tombol di sebelah kanan kotak
isian ‘Department Code’.
Untuk mengubah informasi departemen, pilih baris yang diinginkan pada kolom
manapun, kemudian klik icon ‘Choose’.

Untuk melihat list karyawan pada departemen tertentu silahkan klik icon ‘View’.

INPUT DATA KARYAWAN (Employee Information
Setting)

Menu ini digunakan untuk memasukan atau mendaftarkan semua data karyawan
(Employee Information) ke dalam aplikasi. Pilih menu ‘View’>>’Employee
Information’, maka pada layar monitor akan tampak window seperti gambar dibawah.

Masukan semua data karyawan dan selengkap mungkin kemudian klik icon ‘Save’
untuk menyimpan. Dan lanjutkan dengan pendaftaran data karyawan lainnya dengan
klik icon ’Add New’.
Anda tetap dapat merubah data yang telah simpan atau data karyawan lainnya, dengan
meng-klik tombol disebelah kanan kotak isian FingerPrint ID, maka window ‘List Of
Employees’ akan tampak pada layar monitor. Pilih data karyawan yang ingin diedit
dan klik icon ‘Choose’, sehingga akan kembali ke window sebelumnya dengan data
karyawan yang telah dipilih tersebut.

NAVIGATION TOOLS

Untuk memudahkan proses Find (mencari), Urut (Sort) record pada record listing
maka disediakan Navigation Tools. Masukkan Emploee Fingerprint ID dan click
gambar .
Untuk menghapus data karyawan secara total maka pastikan data karyawan tertentu
dalam kondisi ‘Not Active’.

Untuk membuat data karyawan menjadi ‘Not Active’ Anda harus mengisi terlebih
dahulu kolom ‘Resign Date’ dan kemudian klik icon ‘Save’ untuk meyimpan
perubahan data. Dan dilanjutkan dengan klik icon ‘Delete’ maka kemudian data
karyawan akan dapat terhapus secara permanen.
Lebih lanjut Anda dapat juga mendaftarkan sidik jari karyawan dengan klik tombol
‘Registration’. Sehingga label/ statement pada bagian bawah dari window ‘Employee
Information’ akan berubah dari ‘Not yet register by fingerprint or password’ to
‘Already register by fingerprint/ password’.
Selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang diterangkan pada bagian
“Registrasi Sidik Jari” di bagian awal (New FingerPrint Registration).

FOTO KARYAWAN (Employee Photo)
Untuk memasukan photo karyawan, Anda dapat menggunakan BMP file. Klik dua
kali kotak untuk photo pada window “Employee Information”.

 

About Direktori Statistika Indonesia

This ia blog of Nori Wilantika and Hendra. We are trying to leave a path of our study at Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. Biar ilmu-ilmu yang didapat sewaktu kuliah ga cuma jadi butiran debu.. :)
This entry was posted in Komputasi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s